Selasa, 23 Agustus 2011

Sekilas Tentang Minyak Pohon Kayu Putih


Lebih dikenal dengan tea tree oil (minyak pohon kayu putih) yang tumbuh di Australia.
Untuk mendapatkan minyaknya, diambil dari daun-daun pohon Melaleuca yang tinggi ini (dapat tumbuh hingga 5 meter), yang kulit kayunya berwarna putih dan berbulu halus.

haxims.blogspot.com
Pohon Melaleuca, yang kita kenal dengan pohon minyak kayu putih


Untuk mendapatkan minyak essensial (essential oil) tertentu dapat menggunakan berbagai metoda seperti irisan, penyulingan uap, enfleurasi (ekstraksi dengan menggunakan lemak padat beku) atau enfleurasi tekanan.

Dalam hal minyak pohon teh (tea tree oil) ini, proses pengadaannya dilakukan dengan menyuling uap air, yang didapatkan melalui mesin penyuling. Proses dilakukan berdasarkan produksi uap melalui dedaunan pohon ini, yang dimasukkan ke wadah, kemudian dinyalakan ke kapasitor. Cairan kemudian dituangkan ke dalam gelas rendah bernama Florentino, pada dasarnya, yang lebih ringan, akan berada di atas dan kemudian disuling.
haxims.blogspot.com

Penduduk asli Australia, Aborigin dari Pantai utara New South Wales, menggunakan daun-daunnya untuk merawat luka teriris, terbakar, gigitan serangga dan infeksi kulit.

Kapten James Cook dan timnya telah memberi nama tea tree atau pohon teh, sebab daun-daunnya dapat digunakan sebagai pengganti seduhan teh dan sebagai bumbu untuk bir.

Tentara Australia yang ikut berperang pada Perang Dunia I membawa tea tree oil (yang telah disetujui) sebagai disinfektan, yang kemudian menjadikan tingginya permintaannya atas produksi ini.
haxims.blogspot.com

Sepertinya tea tree oil ini merupakan antiseptik yang tangguh, menghilangkan bakteri, virus dan jamur. Pada 1949 secara resmi diperkenalkan oleh Departemen Kesehatan Australia dan menerbitkan artikel yang menyoroti kualitas tea tree oil ini di Jurnal dokter gigi Australia (The Australian Journal of Dentistry), Jurnal Medis Inggris (The British Medical Journal) dan Jurnal Farmasi Australia (The Australian Journal of Pharmacy).

Memperkuat sistem kekebalan tubuh. Minyak ini juga menyembuhkan, anti-radang, deodoran, expectorant (pereda dahak) dan balsam. Dia dapat digunakan sebagai anestesi lokal yang ringan.

Dia juga memiliki daya larut yang sempurna dan penetrasi kulit, (Carson dan Riley, 1995). Salah satu dari feature/keistimewaannya yang paling menarik adalah bahwa komposisi essential oil-nya yang kompleks menjadikannya sebagai minyak serbaguna dan membuatnya dapat diterapkan pada partikel organik seperti nanah dan darah, tanpa kehilangan aktivitas antimikrobialnya (Altman, 1991).

Ini adalah penting sekali sebab mayoritas akan kehilangan aktivitas germicidalnya (kemampuan pencegahan peradangan dengan menghambat pertumbuhan jasad renik) berkaitan dengan partikel organik.

Direkomendasikan untuk mengobati kulit berjerawat dan kulit berminyak. Untuk menangani jerawat secara langsung, minyak harus dicairkan antara 5 dan 15%, jika tidak, dapat dilakukan dengan menambahkan beberapa tetes minyak �oil� pada air yang digunakan untuk membasuh.

Untuk vaginitis direkomendasikan menggunakan 30 tetes dalam satu liter air dan basuh atau douching(membasuh vagina).

Jika luka infeksi atau kutu air (athlete's foot), kami merekomendasikan dengan mengkompres (dengan sepotong kain kanvas atau selulosa) yang diberi 3 - 8 tetes oil ini, dicampur dengan setengah liter air. Untuk herpes, sengatan serangga, dan jamur pada kaki, dapat digunakan tanpa dicairkan. Dalam hal ini, seharusnya dipakai sekedarnya pada area kecil, sedikitnya dua kali sehari pada area kulit atau kuku yang terinfeksi.

Untuk sariawan yang parah atau bisul, kumur dengan satu gelas air hangat yang mendidih dan dibubuhkan antara 5 - 10 tetes oil. Untuk kelainan bronchial (saluran pernafasan) dapat dibubuhkan antara 5 - 15 tetes dalam mangkuk air panas dan dihirup uap panasnya antara 5 - 10 menit.

Untuk mengurangi bronkitis, seperti halnya sakit asma dan flu, dapat dilakukan dengan berendam di bath tub (bubuhkan hingga 7 tetes pada air hangat-hangat kuku tanpa menggunakan sampo atau sabun yang berlebihan), atau dikompreskan di atas dada. Infeksi juga dapat dilakukan melalui terapi bath tub atau uap air. Mengatasi sejumlah penyakit rematik direkomendasikan untuk membubuhkan 30 tetes minyak kental yang dicairkan ke dalam 50 ml minyak nabati, dan oleskan pada daerah yang sakit, seka 2 - 3 kali per hari.

Secara psikologis dapat membantu berkonsentrasi dan menambah kemampuan untuk membuat keputusan; perlahan mengubah dan menurunkan pikiran orang-orang bertemperamen tinggi.

Tea Tree Oil secara luas digunakan dalam bidang kosmetik. Kita dapat menciptakan krim Tea Tree sendiri dengan menambah porsi krim netral, 5 - 15 tetes oil.
haxims.blogspot.com

Krim ini membantu kita mengurangi iritasi dan memberi kehalusan dan elastisitas pada kulit, ideal untuk kulit sensitif dan iritasi. Jika ingin menghilangkan kutil yang mengganggu, kita dapat memakai tetes Tea Tree oil dan satu tetes minyak jeruk secara langsung ke kutil sepanjang malam dan balut dengan kain kasa tipis atau kapas, yang harus dibuka di pagi harinya. Ulangi cara ini setiap malam dan dalam tiga atau empat minggu kita dapat melupakan kutil yang mengerikan itu?

Juga berkaitan dengan rambut kita, dengan mengatur aktivitas kelenjar sebaceous (kelenjar yang ditemukan di bawah kulit, fungsinya untuk membantu melicinkan kulit) secara teratur (menghindari rambut terlalu berminyak dan rambut kering). Untuk melakukannya dapat membeli sampo yang telah berisi oil ini atau kombinasikan penggunaan tiap hari dengan beberapa tetes essential oil dari tea tree (kami merekomendasikan 2 - 4 tetes). Sangat efektif melawan ketombe.

Masalah kutu rambut? Letakkan pada tangan sampo yang akan digunakan untuk mencuci rambut dan tambahkan empat tetes essential oil, kemudian basuh seperti biasa. Untuk membersihkan telur kutu, kita sikat dengan sisir -untuk kasus khusus ini- celupkan pada Tea Tree. Ingat bahwa kita mungkin tidak perlu melakukan ini, karena penggunaan sampo dengan essential oil secara reguler, juga sebagai cara pencegahan, untuk menghindari telur kutu dan kutu.

Masalah kutu pada binatang kesayangan? Seperti yang akan Anda lihat, tree tea oil memberi kita bantuan penting dalam situasi bervariasi. Jika binatang kesayangan Anda memiliki kutu, saya merekomendasikan untuk menyiapkan alkohol 96% di dalam botol 80 ml, 5 ml essential oil dari pohon teh murni dan 15 ml air suling. Oleskan lotion ini pada binatang kesayangan Anda.

1 komentar:

the mahasiswa mengatakan...

saya mahasiswa dari Universitas Islam Indonesia
Artikel yang menarik, terimakasih ya infonya :)