Senin, 19 Maret 2012

Uang kertas berat dan merepotkan !


Beberapa  waktu yang lalu ada beberapa kawan saya yang sangat tidak setuju dengan Investasi Jenis Emas, karena mereka beranggapan bahwa menyimpan emas akan sangat merepotkan, apalagi jika investasi ini dalam jumlah yang besar. Misalkan orang  yang membeli 1 Ton emas, Bagaimana membawanya apakah tidak berat, sangat voluminous, dan tidak aman. Akan sangat praktis jika membawa uang kertas. Karena kertas  tipis mudah dilipat dan ringan. Sehingga akan mudah juga dalam membawanya.

Walaupun saya belum pernah menimbang dan membandingkan dengan alat ukur,  waktu itu saya sampaikan ke teman saya tersebut bahwa emas 100gram lebih ringan dan lebih kecil daripada uang 30juta (harga emas saat itu 300rb/gram), sehingga emas 100gram sama dengan 30juta rupiah. Coba saja dimasukkan ke kantong saku celana, emas 100gram jika dimasukkan ke kantong saku celana tidak akan kelihatan. Namun jika uang 30juta (katakanlah semuanya pecahan 100ribu). Dijamin kantong saku celana kita tidak akan muat.

Alhamdulillah rasa penasaran saya sudah terjawab, ketika ketemu dengan salah seorang kolega yang memang pebisnis emas dan mempunyai timbangan emas yang memang akurat, hingga 2 digit di belakang koma. Saya meminta tolong untuk menimbang uang pecahan 100ribu dan 50ribu. Dan hasilnya pecahan 100rb beratnya tepat 1gram, sedangkan pecahan 50rb seberat  0.95gram.

       
Agar memudahkan penghitungan dan mengingatkan memori saya waktu itu, saya memakai perbandingan waktu itu bahwa 100gram = 30juta. Dengan perhitungan, jumlah uang 30juta pecahan 100rb = 300lembar, sehingga  300lb x 1gram  = 300gram. jadi uang 30juta beratnya 300gram. Ternyata berat uang kertas kita 3 kali lipat dibanding berat  logam kuning kemilau tersebut. Itu saja ketika harganya masih 300rb/gram. bagaimana saat sekarang ?....... atau coba kalau yang dipakai pembanding berat pecahan 50rb….. wahhhh lebih dari 6kali lipat beratnya.

Lalu bagaimana dengan volumenya. Saya coba juga mengukur pecahan 100rb. hasilnya :
Panjang : 152mm
Lebar : 65mm
Tinggi : sekitar 10mm/100lb. jika 30juta berarti 30mm
Sehingga volume uang 30jt : 152 x 65 x 30 = 296.400mm³

Sedangkan emas 100gram LM, sbb
Panjang : 50mm
Lebar : 30mm
Tinggi : 3,45mm
Sehingga volume emas 100gr : 50 x 30 x 3,45 = 5175mm³
Volume uang kertas ternyata 57.3 lebih besar dibanding emas.
Inilah bukti yang nyata bahwa  membawa emas LEBIH RINGAN BERATNYA dan LEBIH KECIL VOLUMENYA dibanding membawa uang kertas.

Tulisan ini saya dedikasikan untuk teman-teman saya yang menyatakan bahwa uang kertas lebih praktis, memperingan dan mempermudah pemakaiannya.

“Hanya Allaahlah Pemilik Segala Ilmu”

Tidak ada komentar: