bagi para pemilik kendaraan bermotor, pastilah pernah merasa kecewa saat mengisi bensin di Pom Bensin (SPBU).
Berikut ini saya berikan tips buat isi di Pom Bensin yang bagus:
1. LEBIH BAIK ISI DI POM BENSIN PERTAMINA KODE 31 atau (Angka Kedua 1)
Tiap pom bensin memiliki kode depan masing-masing dimana anda bisa mengetahuinya?
Berikut ini saya berikan tips buat isi di Pom Bensin yang bagus:
Pernah memperhatikan plang nama besar saat menuju ke SPBU? Di wilayah
Jakarta dan sekitarnya tertera huruf 31.XXXXX atau 34.XXXXX. itu bukan
kode buntut. Huruf awal pertama menandakan kode wilayah . Sedang angka
kedua mengandung arti kepemilikan.
Kepala 3 berarti SPBU berdomisili di Jakarta Jawa Barat, Banten dan sekitarnya. Kalau kepala 5 kayaknya Surabaya.
Digit kedua, jika angka 1 berarti kepemilikan Pertamina sendiri.
Sedangkan angka 4 berarti kepemilikan swasta atau dealer. Jadi yang
penting angka keduanya 1, tidak masalah berapapun angka pertamanya
karena itu kode wilayah .
Karena, sebenarnya ada tiga kategori
SPBU. Pertama COCO alias corporate owner corporate operate, CODO yakni
corporate owner dealer operate. Terakhir DODO, dealer owner dealer
operate. Ini berdasar pada situs spbu.pertamina.com
Karena
dikendalikan oleh pertamina, maka kualitas SPBU model COCO dan CODO
diyakini lebih baik dibanding DODO. Tanpa bermaksud menyamaratakan, di
sisi bisnis bisa dimengerti, karena ingin cepat balik modal, pengusaha
jadi berlaku curang. kalo saya sih nyaranin ngisi bensin sebaiknya di
SPBU yang milik Pertamina (angka keduanya 1) karena quality control-nya
cukup bagus..
saya denger2 juga dari supir taksi dan orang2 yang
telah pengalaman ngecek pas ngisi bensin katanya yang kode 31 (Angka
Kedua 1)takarannya sesuai sedangkan yang 34 agak berbeda meskipun punya
tanda "PASTI PAS".
Menurut banyak orang juga kode pertamina 31
(Angka Kedua 1) ternyata paling baik (kualitas bensin) dibanding dengan
yang kode 34.
cara buktiinya:
Coba bagi anda yang
menggunakan mobil/ motor matic, pastinya akan terasa tarikan mobilnya.
Jika mengisi bensin di pertamina dengan tanda kode 31 (Angka Kedua
1)akan terasa tarikan mobilnya lebih kencang dan tidak terlalu kotor
dibanding dengan tanda pom dengan tanda kode lainnya
Coba anda
bandingkan jumlah mobil/ motor yang ngisi bensin di pom bensin tersebut,
di pom bensin kode 31 (Angka Kedua 1) pasti sangat ramai sedangkan yang
kode 34 agak cenderung sepi. Ini sudah saya buktikan sendiri.
Perhatikan angka digit keduanya
Coba anda mengisi 1 Liter bensin di Pom bensin 31 (Angka Kedua
1) dan pom bensin 34, bandingkan aja dari sisi kualitas (mesin lebih
enak) maupun kuantitasnya (yang mana yang lebih cepat habis).
Coba anda tanya sama supir angkot atau supir taksi dimana pom bensin
yang bagus, pasti sebagian besar mereka jawab di pom bensin 31 (Angka
Kedua 1)karena mereka juga banyak ngisi di pom bensin 31
Kalo gak percaya bisa dibuktikan sendiri anda, tapi tidak semua 34 juga tidak seperti itu.
2. TIAP ISI BENSIN MINTA KEPADA PETUGASNYA TUAS HANDLE SELANG JANGAN DITEKAN TAPI DILEPAS AJA WAKTU DITARUH DI TANGKI KITA
Pernahkah saat anda mengisi bensin, tuas handle ditekan-tekan begitu
oleh petugasnya? Pasti kita pernah melihatnya. Kenapa begitu? Karena
banyak oknum yang nakal dengan cara memainkan takaran bensin dengan
tanda cara seperti itu sehingga jumlah bensin yang kita isi lebih
sedikit dari apa yang seharusnya.
Pengalaman saya ngisi di pom
bensin kode 31 (Angka Kedua 1), petugasnya tidak pernah menekan-nekan
tuas handle selang sewaktu mengisi sedangkan di kode 34 silahkan lihat
deh. Kalau anda sewaktu ngisi bensin "digituin", petugasnya ditegur aja.
3.ISILAH BENSIN WAKTU HARI MASIH PAGI KETIKA TEMPERATUR TANAH MASIH DINGIN
Ingat bahwa semua SPBU mempunyai tanki penyimpanan di bawah tanah.
Semakin dingin tanahnya maka semakin padat/kental bahan bakarnya. Jika
temperatur mulai panas/hangat, maka bahan bakarnya akan mengembang.
Jadi jika membeli bahan bakar pada siang hari atau petang hari,
sebenarnya bahan bakar yang diisikan ke dalam tanki kendaraan anda jelas
lebih sedikit dibanding jumlah liter yang anda beli. Dalam bisnis
perminyakan, gravity yang spesifik dan temperatur bensin, diesel dan
bahan bakar pesawat jet, ethanol dan produk minyak lainnya punya peranan
penting. Kenaikan 1 derajat merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam
bisnis ini. Tetapi SPBU tidak memberikan anda rugi/kompensasi karena
temperatur
4.ISI BENSIN SAAT TANGKI KENDARAAN ANDA MASIH SETENGAH PENUH.
Alasannya adalah semakin banyak bahan bakar yang ada di tanki
kendaraan, maka semakin sedikit udara yang ada di bagian tanki yang
kosong. Bensin menguap lebih cepat dari pada yang bisa kita bayangkan.
Dalam bisnis perminyakan biasanya tanki penyimpanan bensin mempunyai apa
yang kita sebut atap yang mengapung (floating roof) yang berfungsi
sebagai clearance zero antara bensin dan atmosfer sehingga penguapannya
bisa dikurangi, tetapi hal itu tidak terdapat di SPBU.
5.JANGAN ISI BENSIN JIKA ADA TRUK BAHAN BAKAR SEDANG MENGISI TANKI PENYIMPANAN
Hampir pasti bensin/solar akan teraduk saat bahan bakar dipompakan dari
truk ke tanki penyimpanan SPBU, dan kemungkinannya akan ada kotoran di
dasar tanki penyimpanan yang teraduk naik dan terikut masuk ke tangki
kendaraan anda.