Bila Anda perlu mengangkut 22 tongkang masing-masing berbobot hampir
3.000 ton Anda akan membutuhkan perahu kokoh. Dan anda tidak akan
mendapatkan yang lebih kuat dari pada Blue Marlin, salah satu yang
teramat luar biasa untuk berlayar di laut.
Kapal yang luar biasa dapat membawa 75.000 ton. Daripada kargo biasa,
ia membawa kapal lain dan rig minyak. Ketika Angkatan Laut AS
membutuhkan pengangkut untuk kapal perusak USS Cole mereka memakai BM
untuk mengangkatnya. Dan ketika Angkatan Laut Australia ingin sebuah
kapal induk yang dibawa dari Spanyol, hanya kapal semi-submersible
angkat berat yang menyanggupinya.
• The kargo terbesar untuk transportasi kapal di dunia, Blue Marlin
dari Dockwise, membawa empat ponton dan 18 hulls di punggungnya dari
Nantong Port, Cina
Dimensi Blue Marlin adalah 712 kaki panjang dan 138ft tinggi - dan
memiliki dek ukuran dua lapangan sepak bola. Mencapai kecepatan
tertinggi tenang dari 13 knot, didukung oleh mesin diesel raksasa 17.000
tenaga kuda, dengan awak 24.
Steering dikatakan menjadi seperti mengendalikan sebuah blok kantor
mengambang. Para tongkang digambarkan di atas - yang beratnya total
60.000 ton - diekspor dari Korea akan selesai di Rotterdam. Tidak ada
derek di dunia cukup besar untuk mengangkat kargo ke dek dan jadi dia
memiliki trik cerdik di lengan bajunya.
Dek adalah submersible dan bisa menghilang 13 meter air di bawah saat
tangki ballast nya dipompa penuh air. Kapal, rig minyak dan kapal
kemudian dapat mengapung di dek sebelum dinaikkan lagi dengan
mengosongkan tangki ballast nya.
• Kapal menetapkan rekor baru dengan memberikan 59.500 BP ton
semi-submersible Guntur Platform Kuda dari Okpo, Korea Selatan ke Corpus
Christi, Amerika Serikat pada tahun 2004
Untuk membawa tongkang, yang dirancang khusus set membuai ditambahkan
ke Blue Marlin. Para tongkang ditumpuk di kapal. Kargo terbesar adalah
minyak BP rig Guntur Kuda 16.000 mil dari Korea ke Teluk Meksiko. Rig
satu miliar dolar adalah struktur lepas pantai terbesar di dunia dan
beratnya 60.000 ton. Tahun depan kapal angkutan berat akan mengambil
pesawat dari Spanyol ke Australia untuk Angkatan Laut Australia. Kapal
induk begitu besar itu akan emperan geladak sebesar 50 meter.
• Dua 'Viktor III - Kelas' kapal selam bertenaga nuklir dilakukan di sepanjang pantai Rusia
• The Blue Marlin carrries lain rigm minyak kali ini adalah
semi-submersible rig pengeboran, Diamond Offshore Ocean 's Monarch. Rig
ini laoded di Singapura dan dipakai di Corpus Christi, Amerika Serikat
The Blue Marlin, yang diluncurkan pada tahun 1999, adalah kapal
terbesar dari jenisnya. Tapi kakak yang lebih besar hanya sekitar sudut.
Setelah selesai pada akhir tahun ini di galangan Korea, yang Vanguard
240 juta £ Dockwise akan dapat membawa 110.000 ton. Sudah dipesan untuk
pekerjaan pertamanya, termasuk pengiriman platform minyak raksasa dari
Korea ke Laut Utara tahun depan. Fons van Lith, sekertaris perusahaan
Dockwise yang memiliki Blue Marlin, mengatakan tidak ada kekurangan
pekerjaan untuk kapal.
Dia berkata: "Keselamatan merupakan bagian penting dari bisnis kami.
Jika sebuah perusahaan minyak menginvestasikan £ 1000000000 dolar dalam
sebuah peralatan yang membutuhkan dua tahun untuk membangun, satu hal
penting adalah untuk mendapatkan ke sisi lain dunia dalam satu potong. "
Tidak ada komentar:
Posting Komentar