Kamis, 13 Oktober 2011

Inilah Makanan yang Bisa Bikin Orang Bermimpi


Umumnya tidak ada yang bisa memprediksi kapan seseorang akan mengalami mimpi saat tidur. Tapi ternyata mimpi yang muncul bisa dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Makanan apa saja itu? Profesor Tore Nielson, direktur dari University of Montreal's Dream and Nightmares Laboratory melakukan studi untuk menyelidiki hubungan antara makanan dan mimpi yang dialami seseorang.

makanan bermimpi

Sebagian besar mimpi terjadi ketika mata seseorang sudah berada dalam gerakan konstan seperti sedang menonton sesuatu. Tahap ini biasanya terjadi sekitar 70-90 menit setelah tertidur. Diketahui ada beberapa makanan yang bisa memicu seseorang untuk mengalami mimpi baik atau biasa disebut dengan 'lucid nutrition', seperti dikutip dari Livestrong, Rabu (5/10/2011) yaitu:
1. Keju

Mengonsumsi keju sebelum tidur diyakini bisa memicu mimpi yang lebih baik. Milena Corredig dari University of Guelph di Kanada menuturkan keju bisa menghasilkan bahan kimia yang mengirim sinyal ke otak.

2. Susu

Konsumsi susu tidak hanya membantu tidur nyenyak tapi juga memicu mimpi yang lebih baik. Hal ini karena asam amino dalam produk susu adalah nutrisi yang baik untuk sistem saraf yang membuat pikiran tetap aktif. Tapi susu yang dikonsumsi sebaiknya bukan susu manis, karena gula bisa membuat seseorang lebih sulit tidur.

3. Jus jeruk atau buah segar lainnya

Jus jeruk atau jus buah lainnya telah dikenal bisa menginduksi mimpi yang jernih, nyata dan berkesan. Untuk itu cobalah minum segelas jus atau sekitar 250 ml, tapi jangan berlebihan karena bisa membuat seseorang terus terbangun di malam hari karena ingin buang air kecil sehingga mengganggu tidur.

Selain makanan yang bisa memicu mimpi, beberapa makanan dan minuman sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum tidur karena bisa membuat orang mimpi buruk seperti minuman kafein dan makanan yang sulit dicerna. Kondisi ini kemungkinan karena mengganggu pencernaan serta membuat suhu tubuh lebih meningkat.

Tidak ada komentar: