Kamis, 13 Oktober 2011

Makanan Manusia yang Berbahaya Diberikan ke Hewan Peliharaan


Jakarta, Terkadang orang tergoda memberikan makanan di meja kepada hewan peliharaannya. Namun hati-hati, sejumlah makanan manusia berbahaya untuk hewan peliharaan. Banyak dari makanan yang tampaknya lezat bagi tetapi dapat beracun untuk hewan peliharaan dan terbukti dapat mematikan. Seperti dikutip dari Vetstreet.com, Rabu (12/10/2011), makanan enak yang dilarang untuk peliharaan antara lain:

hewan peliharaan

Xylitol
Xylitol adalah pemanis buatan dalam produk seperti permen karet, permen, pasta gigi, dan obat kumur. Xylitol berbahaya bagi anjing karena menyebabkan pengeluaran insulin secara tiba-tiba dalam tubuh sehingga menyebabkan gula darah menjadi rendah. Xylitol juga dapat menyebabkan kerusakan hati pada anjing. Dalam waktu 30 menit setelah makan, anjing bisa muntah, lesu dan kehilangan koordinasi gerakan.

Beberapa gejala keracunan juga dapat tertunda selama berjam-jam atau bahkan beberapa hari. Keracunan xylitol pada anjing bisa berakibat fatal jika tidak diobati. Namun untuk kucing, masih belum diketahui apakah xylitol beracun atau tidak.

Coklat, kopi, dan Kafein

Cokelat mengandung theobromine, zat kimia yang beracun untuk anjing jika diberikan dalam jumlah besar. Cokelat juga mengandung kafein yang ditemukan dalam kopi, teh, dan minuman ringan. Berbagai jenis cokelat mengandung jumlah theobromine dan kafein yang berbeda. Contohnya dark chocolate dan baking chocolate mengandung theobromine dan kafein lebih banyak daripada coklat susu.

Beberapa ons coklat saja cukup membuat seekor anjing kecil sakit. Tidak ada jumlah atau jenis cokelat tertentu yang bisa dipertimbangkan aman untuk diberikan kepada seekor anjing. Keracunan cokelat dapat menyebabkan muntah, diare, denyut jantung cepat atau tak teratur, gelisah, gemetar, dan kejang. Kematian dapat terjadi dalam waktu 24 jam setelah coklat ditelan.

Anggur dan Kismis

Anggur dan kismis dapat menyebabkan gagal ginjal mendadak pada kucing dan anjing. Tidak diketahui bahan beracun apa yang terkandung di dalam buah ini. Namun tanda-tanda klinis dapat terjadi dalam waktu 24 jam sejak makan. Gejalanya antara lain muntah, diare dan kelesuan. Tanda-tanda lainnya diakhiri dengan rusaknya fungsi ginjal.

Alpukat

Baik daun, buah, dan kulit tanaman alpukat beracun. Tanda-tanda klinis keracunan pada anjing dan kucing adalah muntah dan diare.

Bawang putih dan Bawang

Bawang putih dan bawang mengandung bahan kimia yang merusak sel darah merah kucing dan anjing. Sel darah merah dapat pecah atau kehilangan kemampuannya membawa oksigen. Memasaknya tidak akan mengurangi potensi beracunnya. Bawang putih dan bawang yang sudah dimasak atau yang dihaluskan banyak ditemukan dalam makanan bayi dan terkadang diberikan kepada hewan ketika sakit. Maka, bacalah label makanan dengan hati-hati.

Kacang Macadamia

Kacang macadamia biasanya terdapat pada permen dan coklat. Mekanisme keracunan kacang macadamia belum dipahami dengan baik, tapi tanda-tanda klinis pada anjing bisa meliputi depresi, lesu, muntah, gemetar, nyeri sendi, dan gusi pucat. Gejala-gejala klinis dapat terjadi dalam waktu 12 jam setelah makan. Dalam beberapa kasus, tanda-tanda dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan dalam waktu 24 hingga 48 jam.

Tidak ada komentar: